SCP (Secure, Contain, Protect)

Bagi orang-orang Indonesia yang suka horror, angker, misteri, dan BOO!! Aku rasa yang aku share kekalian ini cukup tepat.  Mau tahu apa itu SCP?? Ini bukan cerita lho… ini aku baca dari berbagai sumber-sumber manapun, mau itu internet atau media lainnya, dan katanya sih… organisasi ini benar-benar ada, katanya sih….kata siapa? Yah, kata orang-oranglah!!

Mau tahu ini organisasi apa? Kalian pikir ini organisasi apa? Agama sesat? Organisasi yang tidak baik seperti melecehkan? Hahaha… jika kalian sudah tahu ini organisasi apa yang sudah pintar-pintar, yang suka jelajahi internet sampai ‘detil-detilnya’ pasti tahu apa ini. Well.. before i tell you what’s this organization, first thing first, did you know Creepypasta?? Ada yang tahu? Ada yang tahu? Kalo ada yang tahu gak apa-apa, aku cuma mau sharing aja kok.

well guys and gals, check this out!!
http://www.creepypasta.com/
http://creepypasta.wikia.com/wiki/Creepypasta_Wiki

Udah dilihat belum? kalo belum buka aja link-nya kapanpun kamu mau, Kalo kalian belum mengerti Bahasa Inggris, karena link resminya itu adalah Bahasa Inggris tapi ada sih versi Bahasa Indonesianya, tapi menurutku paling lengkap ada di link versi Bahasa Inggrisnya.

Well.. back to the blog! Creepypasta itu seperti yang dilansir oleh knowyourmeme.com, Creepypasta adalah kumpulan cerita-cerita horor atau artikel-artikel yang mengenai horor juga, sebagian ada cerita yang cuma cerita belaka aja, sebagian lagi juga ada yang berdasarkan kisah nyata. Aku sering melihat beberapa artikel-artikelnya, well, cukup menyenangkan, menengangkan, sampai-sampai gak tidur semalaman karena terbayang cerita horornya, pernah mendengar ‘fenomena’ Pokemon Lavender Town? Slenderman? Jeff the Killer? Dan tetek bengek lainnya??!  Mereka thu termasuk dalam cerita Creepypasta? Yah, tentunya Slenderman dan Pokemon Lavender Town itu adalah game, tapi itu sebagai petunjuk kalau kalian pernah mengetahuinya.

Nah, yang ingin aku bagikan disini adalah SCP, karena menurutku SCP adalah topik menarik yang perlu didiskusikan, heheheh… macam sok profesional aja yah.. SCP termasuk dalam cerita Creepypasta. Awalnya mengetahui SCP itu dari Creepypasta yang menyebarkan artikel tentang SCP-173, The Scuplture.

SCP-173, The Sculpture

Well, mendengar SCP, kalian tahu game PC keluaran terbaru tahun-tahun ini? Kalian pernah mendengar SCP Containment Breach? Yes, that is the game, game horor yang berjudul SCP containment Breach, dilansir oleh Wikipedia.com, SCP Containment Breach adalah game horor yang diveloped oleh Joonas Rikkonen (“Regalis”), kalo gak percaya lihatlah ini,
http://en.wikipedia.org/wiki/SCP_%E2%80%93_Containment_Breach

Katanya.. It is based off the stories of the SCP Foundation website. Jika aku artikan, didasarkan oleh kumpulan cerita dari website Yayasan SCP. Yeah.. of course i’m searched again that website, katanya didasarkan dari, bukan berdasarkan yah..? Mungkin.. bisa jadi ini benar-benar kisah nyata. Yah, siapa tahu? Mari aku menjelaskan gamenya dulu, gamenya pernah aku lihat trailer, review, dan gameplaynya, and i decide to do not buy the game! Why?! Because i’m afraid of those creatures you know!! *Hehehe..dasarpengecut!* Lihat trailernya aja udah merinding, apalagi kalo aku mainin gamenya,  well, gamenya sih aku lihat, ceritanya kita sebagai kelinci percobaan yang diuji coba dalam suatu eksperimen yang diciptakan oleh Yayasan SCP, entah apa itu namanya tapi menurutku SCP adalah organisasi milik pemerintah yang menciptakan makhluk-mahkluk aneh, senjata-senjata, ataupun ilmuan-ilmuan yang meneliti UFO atau E.T. Menurutku yah, kalo kalian sih beda-beda pendapatnya. Namanya aja SCP: Secure, Contain, Protect.

Menurutku sepertinya tujuan SCP adalah begini:
Secure, mengamankan hasil-hasil ciptaan SCP Foundation dari media tertentu yang mengancam kehidupan prosedur makhluk tersebut

Contain, mengandung? Yah jelas-jelas memang dalam arti sebenarnya Contain itu mengandung’kan?! Masa hamil? Hahaha.. kalo menurutku sih.. menurutku yah… *piece* Menurutku, mungkin dalam arti sebenarnya Contain itu menciptakan, menciptakan, membuat, atau mengembangkan, bisa juga meneliti, atau discover.. Tentu saja mereka menciptakan sesuatu hal yang aneh-aneh..  meneliti penemuan-penemuan baru.. masuk akal bukan?

Protect, melindungi. Kalian tahu dong pastinya maksudnya? Melindungi hasil-hasil eksperimen yang diciptakan dari ancaman-ancaman tertentu, walaupun pengertiannya hampir sama seperti secure tapi konsepnya sama seperti bela negara, kalian masih ingat pelajaran PKN? Tentang Bela Negara itu, nah.. SCP berhak melindungi dan mengamankan prosedur-prosedur mereka tersebut.

Aduh, kok jadi nyambung ke tujuannya yah? Dasar tulalit! Oke, back to the game, jadi dalam game itu kita dijadikan kelinci percobaan untuk menguji coba makhluk-mahkluk aneh yang diciptakan oleh SCP Foundation, selama kita diuji coba kita cuma mondar-mandir, keliling-keliling ruangan-ruangan tempat makhluk-makhluk itu aja, sambil keliling-keliling ruangan tersebut kita juga disuruh keluar dari tempat itu juga, selain itu dipaksa juga untuk menjadi kelinci percobaan mau tidak mau kita harus masuk kedalam ruangan, ruangan tersebut penuh dengan makhluk-mahkluk hasil ciptaan ilmuan dari SCP yang menyeramkan dan belum sempurna, yang akan menyerang kita. Sama seperti game Slenderman, kita tidak dibekali apapun, tidak ada senjata. Kita cuma dibekali senter doang, kayaknya sih… soalnya ruangannya gelap, untuk membuat game ini tetap seru, Joonas Rikkonen, membuat salah satu fitur yang justru membuat kita kaget plus ketakutan!!

Nih, lihat, kalian lihat apa saja disini?

Well, ada setan ngejer-ngejer kita dijembatan, iya aku tahu itu jembatan, tapi itu bukan setan, maksudku, disudut kiri bawah, ada gambar apa? Ada ikon kecil gambar mata dan dibawahnya lagi ada ikon gambar orang berlari, kalo gak salah, walaupun aku gak pernah mainin gamenya, ikon mata itu adalah kedipan, sepertinya kedipan ini berlaku untuk SCP-173. SCP-173, wujudnya seperti boneka besar dengan tangan dan kaki yang pendek tapi memiliki kepala super besar dengan mata dan mulut yang tak wajar. Mahluk yang terlihat lucu sekaligus menyeramkan ini adalah jenis SCP yang harus diwaspadai. Ia bukan mahluk bodoh yang hanya akan melihatmu lewat begitu saja didepannya.Kalau bertemu dengan mahluk ini di ujung ruangan,maka pemain akan langsung mati saat melakukan blink atau membalik badan.SCP ini tidak bisa dihentikan atau dibunuh.Tidak ada cara untuk bisa selamat dari SCP-173, namun bukan berarti saat melakukan kontak mata dengannya akan langsung mati. Ada kemungkinan 50% dalam waktu 5 menit untuk bisa selamat darinya. Yang ikon gambar orang berlari itu paling cuma energi doang, kalo energinya habis mungkin pemain harus makan dan minum. Yah, itu menurutku, belum tentu benar sih, untuk melihat kebenarannya, kalian harus memainkan game ini, kalo mau… hehehe… Informasi selengkapnya ada di Wikipedia.

Aku tahu pemain berada disebuah facility yang gelap, tidak ada senjata untuk membela diri, dan banyak eksperimen-eksperimen hasil ilmuan dari SCP yang berkeliaran, tapi orang-orang sering bilang mereka ini adalah setan, hantu, monsterlah, makhluk gaiblah… tetapi jujur saja, menurutku mereka bukan setan, tapi makhluk hidup yang belum sempurna secara fisik dan mentalnya, masuk akal bukan, karena makhluk-makhluk ini diciptakan manusia, fisiknya tidak karuan, mentalnya seperti binatang, bahkan hampir mirip dengan orang yang kesurupan. Sesungguhnya yang indah itu adalah mahkluk ciptaan tuhan.

Sudut pandang kita adalah kita menjadi subject D-9341. Seorang kelinci percobaan bersama teman-teman kita harus menyelamatkan diri dan escape dari SCP facility tersebut. Dua orang tersebut sama seperti kita, pokoknya yang memakai baju orange itu adalah kelinci percobaan.

Nah, itu’kan gamenya… selain aku, banyak juga orang-orang menulis artikel ini diblog mereka, orang Indonesia lagi yang paling banyak menulis artikel SCP,  including me! Tapi mereka kebanyakan membahas gamenya, kalau aku sih.. aku tertarik dengan ‘didasarkan dari kisah nyatanya’.  Aku suka misteri, dan aku suka cerita-cerita apapun yang berdasarkan kisah nyata, especially horror stuffs. And i will search it!!

SO SCP FOUNDATION IS REAL OR NOT???! 

Kenapa aku posting artikel ini? Karena lihat saja gamenya!! Monster-monster atau makhluk-mahkluk yang aneh itu?! Percayakah kalian mereka benar-benar ada?!

Guys and Gals, try to look at this:
http://www.scp-wiki.net/


The only one website of the SCP Foundation, website ini berisi tentang informasi-informasi mengenai SCP, makhluk-makhluk yang diciptakan SCP dan beberapa informasi lainnya mengenai SCP . Cuma ini satu-satunya website SCP yang paling meyakinkan, menurutku. Orang-orang lain yang menulis artikel tentang SCP juga tahunya website ini kok. Oh, yah, try to look at this too…
http://www.youtube.com/watch?v=RGh_a2RasQc
Aku harap kalian mengerti apa yang dikatakannya. Lihatlah komentar-komentarnya setelah menonton video tersebut, ada yang bilang ini adalah fanmade, ada juga yang percaya bahwa SCP itu asli benar-benar ada.  Well, kalian lihat video-nya’kan? Terlihat seperti asli, terus video itu sudah dari zaman dulu lagi, seolah-olah SCP itu sudah mendunia dan berdiri sejak tahun 70-80-an. Kalian coba juga lihat description-nya,

Brief video summary of what the foundation is.
New employees are to watch this before signing the service contract. Further information will be provided upon request.

Apa kalian bisa mengartikannya? Menurutku, video ini bertujuan untuk menjelaskan apa itu SCP Foundation, dan jika ada karyawan baru yang ingin melamar kerja di SCP, diwajibkan untuk menonton video tersebut sebelum calon karyawan menandatangani kontrak kerjanya dan mengerti apa yang menjadi tujuan SCP. Setelah melihat videonya, aku meragukan video ini takutnya palsu, jadi aku lihat saja channelnya, dan lihat ini, http://www.youtube.com/user/SCPArchives?feature=watch

Oh My God!! SCP punya You Tube, wah! Gaul banget yah? Namanya SCP archives. Well.. menurut kalian gimana? Menurutku, ini sepertinya nyata, seperti yah… ini memang benar-benar asli dari SCP. Well, berikut adalah gambar-gambar mahkluk-mahkuk yang diciptakan oleh SCP, cuma ini gambar yang ada di beberapa sumber internet, SCP-173 kalian sudah lihat’kan?

SCP-682

Bentuknya gak jelas, sekilas mirip reptil, menjijikan juga sih kalau dilihat, foto yang kalian lihat ini waktu SCP-682 kabur dari ‘kandang’nya. Karena telah membunuh banyak orang, SCP-682 dihancurkan alias you are terminated! Selengkapnya di http://www.scp-wiki.net/scp-682

SCP-957
mummy%20thing.jpg

Nah… sering melihat dia di Creepypasta? Hahaha… memang dia rupanya, awalnya aku kira ini cuma foto biasa, hasil photoshop, ternyata masuk SCP juga toh.. heheeh…http://www.scp-wiki.net/scp-957

SCP-639
scp639.jpg

Astaga!! Gambar apa ini? Makhluk apa ini? Aku tidak tahu, aku gak berani kasih tahu dia ini apaan? Takut salah. Tapi lihat aja disini, http://www.scp-wiki.net/scp-639

SCP-745
745.jpg

Well, apa yang kalian lihat? kayaknya sih, sudut pandangnya seperti berada didalam mobil, ada orang menyetir mobil, tapi didepannya ada dua cahaya, entah itu cahaya apa, tapi katanya sih itu bukan cahaya lampu mobil, tapi mahkluk! http://www.scp-wiki.net/scp-745

Beberapa fan atau member-member yang suka pada SCP membuat ilustrasi makhluk tersebut and.. this is what i got!

sekilas seperti monster yang ada digame warcraft yah? Tapi ini cuma ilustrasi, aku tidak tahu aslinya seperti apa.

SCP-096

Gambar ini berasal dari gamenya sendiri, jadi SCP ini memang juga harus diwaspadai, selain larinya cepat dia juga bisa menyerang dan mengagetkanmu setengah mati, digame-nya…tapi real lifenya gak tahu deh gimana, nih, ada link-nya, http://www.scp-wiki.net/scp-096

Aku melihat Audio log-nya dari websitenya sendiri, katanya SCP yang satu ini harus dihancurkan sesegera mungkin karena berbahaya. Baguslah, karena dia memang menyeramkan sih…

SCP-049
SCP-049

Nah.. ini SCP yang paling keren menurutku, kenapa? Karena dia adalah dokter, dokter gagal, ahahaha.. Apakah kalian mengira yang dipakai SCP-049 adalah topeng? Beneran nih itu adalah topeng? Itu bukan topeng, itu memang wajahnya, paruh burung? Yeah paruh burung itu memang benar-benar wajahnya kecuali matanya, matanya kayak manusia yah, sebagai orang baru yang baru tahu kejadian ini, aku juga mengira itu cuma topeng karena lihat deh, benar-benar kayak topeng tahu.. tapi pendapat orang beda-beda, terserah kalian berpendapatnya bagaimana, tapi ini cuma pendapatku saja…

Salah satu ilustrasi dari fanmade-nya SCP, SCP-049 sedang dikawal menuju selnya sendiri. Kenapa dibilang Plague Doctor, artinya dokter wabah, SCP-049 mengaku-ngaku sebagai dokter yang bisa menyembuhkan apa saja, baca ini, http://www.scp-wiki.net/scp-049 Tapi apa yang terjadi? SCP-049 justru menyebarkan wabah penyakit pes pada salah satu kelinci percobaan.

SCP-087

http://www.scp-wiki.net/scp-087, menurutku SCP ini yang paling menakutkan, karena apa? Apakah kalian berani turun kelantai dasar melihat SCP-087? Jika kalian melihat wajah aslinya, bbbrrrrr…. ngibrit dah langsung!!

Sudah.. sudah.. sudah.. sebenarnya sih masih banyak SCP-SCP yang lainnya. Yang paling banyak nih ada disini. http://www.scp-wiki.net/scp-series

Banyak’kan? Well, kalian kira aku akan menerjemahkan semuanya, no way man!! Nah sekarang ke pertanyaan yang sebenarnya.

1. Jadi apakah SCP itu ada atau tidak?
*Well, itu terserah pada kalian ingin memercayainya atau tidak, kalau aku sih sebagai adminnya, yah… bingung sih.. jadi aku terus lacak aja sumber-sumber yang benar pasti ada kebenarannya, hehehe.. apa mungkin tanya langsung ke pengelolanya, hehehe..

2. Siapa ‘orang gila’ dibalik semua ini?!
*Maksud dari ‘orang gila’ ini bukan orang gila yang ada dipinggir jalan yah, tapi, aku meragukan bahwa ini hanya kerjaan orang-orang iseng, kalian readers juga meragukannya bukan, sekali lagi cek ini,  http://www.scp-wiki.net/scp-series
Lihat? Ada orang iseng juga membohong-bohongi diinternet, but… look at that!! Pasti kerajinan sekali orang ini menulis SCP-SCP ini,  banyak sekali bahkan sampai 1000 SCP. Pasti SCP itu antara asli dan palsu. Tapi mungkin saja orang tersebut stres atau gila atau apa sehingga membuat banyak sekali SCP ini. Apakah SCP yang banyak ini dibuat untuk game, tapi Joonas Rikkonen tidak membuat SCP sebanyak list tersebut’kan?! Jadi siapa pelakunya? Mana kutahu!!

3. Buat apa sih pemerintah mendirikan organisasi seperti ini? Gak ada kerjaan aja!!
*Yah, menurutku ada juga sih manfaatnya, jadi kita bisa tahu sampai dimana kemampuan otak manusia, menemukan penemuan-penemuan baru  yang belum pernah ada, tapi sayangnya sih… penemuan-penemuan tersebut berbahaya dan sengaja dirahasiakan pemerintah, tapi tetap saja, website ‘resmi’ SCP membiarkan kita mendukung SCP,kenapa? Mungkin agar mereka terkenal kali, gamenya saja sudah dibuat.. didasarkan dari websitenya lagi!!  yah semua orang berhak melakukan itu.

CLOSING 

Well, itu saja yang bisa aku share, jika kalian ada pertanyaan lain dari yang diatas silahkan komen saja, tapi dilarang menghina atau mencemarkan nama baik itu saja. Jadi yang aku share ini cuma berisi tentang pendapatku saja. Just for your information, look at this, http://www.scp-wiki.net/how-to-write-an-scp

Kalian percaya ini?! SCP membiarkan kita ‘mempromosikan’ SCP dan mendukungnya serta menjadi membernya. Well, biar aku coba untuk menjadi membernya, siapa tahu aku mendapat banyak informasi dari SCP tersebut.

Aku tidak tahu apa yang terjadi pada SCP sekarang, tapi setiap kali aku mengecek websitenya, pasti ada sesuatu yang baru, entah itu artikel, SCP yang lain atau apalah..

Just for your information… again, SCP dikategorikan 3 macam, yaitu:
*Safe, prosedur SCP atau hasil eksperimen SCP yang aman dan tidak berbahaya, biasanya sih kebanyakan prosedur yang dikategorikan safe adalah benda-benda.
*Euclid, prosedur SCP atau hasil eksperimen SCP yang sudah dicampur dengan komponen mesin, zat-zat kimia berbahaya, yah.. pokoknya yang dicampur-campurlah.. Biasanya SCP Euclid bisa berbahaya dan ada juga yang tidak berbahaya.
*Keter, prosedur SCP atau hasil eksperimen SCP yang paling berbahaya, ganas, seperti SCP-682 misalnya saja.

 

Yayasan ini bisa saja, dibilang ada atau tidak ada,pendapat orang’kan beda-beda, but let’s wait and see.. kalo misalkan benar-benar ada, aku harap jangan sampai SCP-nya kabur ke Indonesia, kalau tidak ada? Yah sudahlah…

Baiklah, itu yang bisa aku sampaikan, sekali lagi aku katakan artikel yang aku posting ini BERISI PENDAPATKU SAJA, BUKAN MENCEMARKAN NAMA TERTENTU.  Ingat yah, pendapat! PEENNDDDAAPPAATT!! OOPPIIINNNIII!! TTAANNNGGAAAPPAANNN!! This is just my opinion ok?

Well, guys and gals, jika aku mendapat informasi yang menarik lagi, akan aku sampaikan sesegera mungkin. See you!!

 

 

Advertisements

59 thoughts on “SCP (Secure, Contain, Protect)

    1. Masa? Tapi aku cari-cari di Google aja, ini sebagai ilustrasi bahwa wujud dia seperti ini, karena di situs resminya gk ada contoh gambar SCP-096-nya, klo gambar-gambar SCP yg lain juga ada yg berasal dri situs resmi atau dari fan art

  1. Attractive part of content. I simply stumbled upon your blog and
    in accession capital to claim that I acquire in fact enjoyed account your blog posts.
    Anyway I will be subscribing on your feeds and even I success you get right of entry
    to constantly quickly.
    Louis Vuitton HandBags Louis Vuitton Bags Cheap Louis Vuitton HandBags Louis Vuitton Bags Louis Vuitton HandBags[url=http://ktki.org/]Cheap Louis Vuitton[/url] [url=http://ktki.org/]Louis Vuitton Outlet[/url]
    [url=http://ktki.org/]Cheap Louis Vuitton HandBags[/url] [url=http://ktki.org/]Cheap Louis Vuitton Bags[/url] [url=http://ktki.org/]Louis Vuitton Outlet[/url]

  2. Pingback: URL
  3. SCP 096 kyknya asli,soalnya makhluk ‘Rake’ yang sering berkeliaran di rumah warga AS atau hutan memiliki kesamaan pada 096,katanya malah emang 096

      1. Saya sih udh pernah main gamenya, malah tamat 2 kali 😀 katanya sih SCP itu Anomalous Object gitu, bukan buatan manusia.

  4. Jika benar ada, aku pikir mereka menciptakan benda/mahluk dengan ilmu saint dan sedikit bumbu2 sihir atau semacam Phatasm. Hey.. apa kamu sudah pernah lihat film cabin in the wood? Aku pikir itu semacam gambaran SCP. Karena mengingat SCP banyak hal yang aneh maka film cabin in the wood juga sama halnya tapi tidak terlalu percis. Di cabin in the wood, sebuah foundation rahasia yang meneliti mahluk aneh di luar nalar yg hidup jauh dari pikiran rasional kita dan mereka berniat untuk melenyap kan mahluk tersebut dengan mengorban kan 5 muda-mudi dengan bla… bla.. bla. Tapi SCP memberi ku inspirasi untuk novel ku yg berikutnya. Ha, ternyata SCP ada dampak baiknya juga terhadapku tapi pertama kali aku menyimak SCP aku agak menderita saat tidur malam, aku tidak bisa tidur dan terjaga hingga larut.

    1. Hahaha… Mungkin kmu benar, Cabin in the Wood ceritanya saja yg mirip dengan foundation ini, tapi entahlah itu sebuah kebetulan atau beneran terinspirasi dari SCP, tapi yg pasti semua yg kutulis artikel itu, itu hanya pendapatku sendiri dan aku mnghargai pendapatmu juga . Oh, yah.. Good luck yah buat novelnya, moga-moga ceritanya lebih hebat dari cerita sebenarnya, hehehe…

      1. Ya, amin…. eh sering2 posting creepypasta ya mau dalam bentuk apapun mau urban legend, gaming, atau pun video…

  5. Kalo aku sih percaya atau gak sih, tapi SCP banyak memberiku inspirasi untuk membuat fiksi. Terkadang aku suka agak menderita saat tidur malam, soalnya keinget2 sih. Seakan mahluk tersebut ada… disini. Haha… thats human nature. Aku berspekulasi jika ada pasti mereka menciptakan benda/mahluk bukan hanya saja ilmu saint tapi mungkin dengan bumbu2 ilmu sihir, gaib, semacam ritual, atau Phatasm. Tapi sih kalo nyata buat apa sih? Kayanya terlalu berbahaya. Mending buat penemuan bikin mesin waktu, mobil terbang, transportasi ke galaxy lain, atau tisu toliet tak terbatas ké. Aneh sih juga sih kalo SCP itu ada, bisa2 di cekal sama pihak religius yg mengira yayasan itu sesat.

    1. Mungkin tujuannya utk mendapatkan makhluk yg memiliki kekuatan super tpi sempurna, tpi nyatanya sekarang blm ada yg kyk gitu, mungkin kalo udah ada bisa dibuat menjadi senjata kyk mutan hehehehe

  6. Liat situs mau cari tau SCP, eh link ini paling atas. di cek – cek , artikel nya bagus . Jadi makin penasaran apa itu SCP?. Nice blog and post Keep up

    1. Aku belum menemukan SCP yg berbahasa Indonesia sampai sekarang ini, soalnya banyak yg belum mngenal SCP dan menganggap menerjemahkannya itu adlah hal yang tidak penting, tapi kamu pasti bisa mengerti inti artiklnya apa dan mengerti sedikit-sedikit tentang artikelnya.. 🙂

  7. Min, ada artikel tentang scp-scp yang berbahasa Indonesia ga?
    Kalo buka website resminya ga ngerti, bahasa inggris ku belum pro nih. Mohon bantuannya ya

    1. Maaf, sampai saat ini aku belum menemukan artikel SCP yang berbahasa Indonesia, karena banyak yang belum mengenal SCP, tenang aja, bahasa inggrisku belum pro juga, aku juga belum mengerti melihat website resminya, tapi yang pasti kita tahu inti dari SCP ini apa dan kita bakalan mengerti sedikit-sedikit dari artikelnya *piece* 😀

    1. Oohh… Hhahah… Jika kau ingin membukanya tidak apa-apa, kaeena aku udh prnh membukanya, jdi kita thu cuma diberi gambar SCP 001 dan seluruh artikl2x yg berhubungan dengannya. Peringatan yg kamu temukan itu adalah cuma peringatan agar tidak kaget atau terkena serangan jantung saat melihat gambar itu

  8. saran saya sih gak usah pake bahasa inggris nulis di blognya 🙂 masih amburadul mending pake bahasa indonesia aja :))

  9. Gimana ya, umm antara percaya dan tidak, kalo ada ya masa gak terkenal gitu sih, gak ada beritanya tentang makhluk kayak gitu. Kalo aku sih kalo perusahaan SCP itu aku masih bisa yakin ada, kalo monsternya aku gak yakin ada ato gak. Tapi makasih banget infonya.

  10. Nice writing.. menghibur banget, bikin penasaran sama scp. Tapi menurutku bukan game nya dibuat berdasarkan website nya.. tapi website nya itu dibuat v0bedasarkan game nya untuk viral marketing.. jadi seolah scp itu nyata.. websitenya juga bisa dipake guide game nya kann 🙂

    1. Salah total. Itu websitenya duluan yang dibikin barugamenya. Wong websitenya dibikinnya pertama kali tahun 2008, gamenya 2013.

  11. SCP-087 Sudah melakukan 3 Kali eksplorasi ke bawah tangga Dan para pesertanya memiliki response yang sama.. Berhenti saat melihat Muka.. Ketiganya naik Dan shock.. Kalah Sudah Tantangan Rumah hantu manapun di indo :v

  12. nah kalo kalian pengen tau ini nyata atau ngga silahkan ke website aslinya, cari “FAQ” dan lihat semua faktanya.. kalo kalian malas kesana biar sya spoiler sedikit, SCP itu tidak nyata, jelas di websitenya sendiri nulis kalo itu cuma komunitas yg pengen ngembangin bakatnya dalam menulis karna smua membernya adalah penulis ahli dan dalam artian SCP itu cuma fiksi yang di buat2 🙂

  13. Coba buka aja . Apa arti wiki ! Lalu liat link scp itu ada tulisan wikinya ga. Nah situs yang ada tulisan yang ada wiki itu dapat di sunting

  14. CONTAIN = Mengisolasi, supaya gak merembet/menyebar/keluar. Could you please look up the dictionary whenever you’re not sure what a word means? Nice write though. (aku juga penasaran ttg SCP). Thanks 🙂

  15. Sumpah ngeri bacanya! Apalagi liat gambar jenis2 SCP. Jadi takut mau tidur! Ya Allah, tolongin hamba… Moga2 SCP cuma fiksi Amiin.

    Benera lho, blog nya bagus. Waktu saya baca, saya kayak ada di dunia lain dicerita, pas ada yg manggil nama aku, seolah ada yang narik ke dunia nyata. Huffttt.. Tadi abis baca SCP 173 di creepypasta, abis itu penasaran banget. Akhirnya searching dan nangsang deh di blog ini hehe keep writing! Semangat ya!

  16. Min, saya gk tau ini bisa ngebantu ato gk nya. Tpi coba dh, buat cari info tentang SCP itu jangan cuman di internet biasa. Tpi dari Deep Wep jg, klo kamu tau apa itu DW.. Krna lebih dari 90% internet ada di Deep Web. Contoh nya, tentang SCP – 001 “the gate of guardian”
    Maaf yh klo saya ada salah-salah kata. Hanya berbagi pengtahuan aja, biar gk penasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s