Blind Sketch

Gak bisa menggambar? Gak tahu mau gambar apa, ini untuk para seniman dan tentu saja orang-orang yang suka menggambar dan juga orang yang suka menggambar tapi gambarnya gak terlalu bagus. Tidak apa-apa jika gambarmu jelek atau bagus, yang penting adalah bagaimana orang menyukai karya seni tersebut. Inilah mengapa lukisan abstrak sangat populer. Selain abstrak acak-acakan, lukisan abstrak juga membuat penasaran para pengamat seperti.. ini gambarnya tentang apa sih? .. atau.. dia tanya ketemannya, eh! Loe ngerti gak ini maksudnya apaaan? Sambil menunjuk kearah lukisan tersebut.

Alright.. let’s get to the point! Menggambar tidak perlu gambar yang bagus asal orang menyukainya. Menggambar juga bagian dari apa yang ingin diekspresikan pelaku yah’kan?

Kali ini aku akan membahas Blind Sketching. Tahu gak maksud Blind Sketching itu apa? Baiklah.. blind itu artinya apa? Buta. Sketching itu artinya apa? Membuat sketsa atau menggambar. Jadi artinya apa? Buta menggambar? Hahaha… nggaklah. Blind sketching artinya menggambar dengan mata tertutup, disebut blind karena mata kita tertutup. Kalian pastinya bertanya-tanya, lh0? Masa menggambar pake mata tertutup? Jelek dong hasilnya!!

Baiklah, lihat gambar dibawa ini:

 

Ini adalah gambar proses dari blind sketching, sekarang lihat gambar yang ada dikiri. Kalo kalian kira-kira, itu gambar apaan? Gambar coret-coretan biasa doang. Ok, nah.. sekarang lihat gambar dikanan, itu gambar apaan? Gambar tangan lagi mengepal. Tahu gak, itu adalah gambar yang disempurnakan melalui gambar yang ada dikiri.

“Ha! Emang iya? Bohong loe!”

Kalo gue bohong ngapain gue posting artikel ginian??!!

“Ooohh..”

Aku tahu sih gambarnya agak sedikit urek-urekan, tapi lumayan bagus’kan? Persis seperti tangan asli.

Coba, nih, ada contoh satu lagi

Aku cari-cari di Google, nah, ini adalah hasil dari gambar mata tertutup, tapi belum disempurnakan. Coba aku tanya kalian, jika kalian adalah seseorang yang menggambar gambar tersebut, bagaimana kalian menyempurnakannya? Kalo kita bisa sempurnakan akan menjadi gambar yang bagus. Kita tinggal menambahkan detil-detilnya dan warnanya. Sekarang kita coba pikirkan apa yang akan kita sempurnakan, misalnya benda yang dipegang wanita itu, kita bisa sempurnakan dengan menggambar bahwa ia memegang kacamata, segelas kopi yang dibeli dari cafe, atau… dia lagi megang HP. Itu semua terserah pada kita sendiri mau gambar apa.

Jadi, apa yang kalian ketahui tentang Blind Sketch? Menggambar dengan mata tertutup. Blind Sketching adalah metode menggambar yang biasanya dipakai oleh guru seni, tetapi sekarang bisa diikuti semua orang, cara menggunakan metode ini adalah kita menggambar diatas kertas tapi kita tidak melihat kertas tersebut, ngerti gak maksudnya? Pejamkan matamu dan gambarlah sesuatu dikertas, apa yang ingin kamu gambar, jika kamu mau gambar buah apel misalnya, bayangkanlah sebuah apel yang merah, bentuknya bulat dengan mata tertutupmu. Jika sudah selesai, buka matamu dan kalian tinggal menyempurnakan detil-detil yang lain. Seperti gambar dibawa ini :

Yang gambar ini adalah contoh menggambar jeruk dengan metode Blind Sketching. Gampang saja’kan?

Metode Blind Sketching ini awalnya diperkenalkan oleh  Kimon Nicolaïdes dalam ‘The Natural Way to Draw’  dan dikembangkan atau dipopulerkan oleh Betty Edwards dalam ‘The New Drawing on the Right Side of the Brain. Kata ‘pencipta’ dari Blind Sketching ini, metode menggambar ini sangat penting bagi otak. Terutama bagi anak-anak kecil yang baru belajar menggambar, metode ini berguna melatih kekreatifitas dan insting mereka sehingga mereka bisa berimajinasi apa yang ingin mereka gambar atau jika mereka tidak tahu ingin menggambar apa, mereka bisa mencorat-coret bebas kertas tersebut, tapi setelah melakukannya, mereka harus menyempurnakan dengan detil-detil lain yang bisa mereka gambar. Kata Betty Edwards, metode seperti ini mungkin tidak menghasilkan gambar yang bagus, tapi bagus untuk anak-anak untuk menggambar lebih realistis daripada mengingat objek-objek yang mereka ketahui. Seperti gambar dibawah ini:

Sepertinya sih.. ini gambar hasil anak-anak. Karena metode Blind Sketching ini memang diajarkan kepada anak-anak disekolah luar negeri, kalo di Indonesia mungkin… masih kurang yah yang mengenal ini… Benar kata Betty, anak-anak menggambar lebih realistis. Mirip seperti aslinya, hehehe.. Nah setelah melihat gambar tersebut, jika kalian bayangkan, kalian bisa menyempurnakan detil-detil lainnya. Jika kalian mau, soalnya dalam blind sketching, kita hanya menggambar dengan mata tertutup lalu selesai deh..  Tapi’kan jika tidak disempurnakan’kan kurang bagus, jika aku melakukan Blind Sketching, aku akan menyempurnakannya.  Blind sketching ini bukan anak-anak saja yang bisa memakainya, justru para seniman memakai metode ini. Kalo menurut aku yah, metode ini cocok dipakai untuk digital art. Karena dengan digital art, para seniman bisa mengembangkan satu gambar tersebut dengan komposisi lainnya. Misalnya saja dengan menggunakan Adobe Photoshop atau software menggambar lainnya, di Photoshop’kan ada fitur layer, misalnya gambar orang seperti ini:

Jika kalian punya Wacom dan Photoshop, kalian bisa menggambar detil-detil lainnya, seperti kalian bisa menambahkan rambutnya yang keriting, kemudian save. Lalu buat gambar baru blind sketching yang tadi aku bilang, lalu tambahkan lagi, kali ini bukan rambutnya yang keriting, melainkan sekarang kalian buat kepalanya dipenuhi dengan rumput laut, lalu save. Jika kalian mencermatinya dengan teliti, kalian pasti mengingat gambar yang satu ini:

andy-warhol-marilyn

Yup, Marilyn Monroe karya Andy Warhol, seniman pop art tersebut. Jika kalian belum mengerti apa yang kubilang tadi,  kini kalian mengerti apa maksudnya, buatlah gambar yang sama, tapi bedakan komposisinya, seperti warna-warna yang berbeda atau fisiknya yang berbeda. Sebenarnya sih.. aku bisa saja mengubahnya, tapi aku belum punya alat-alatnya. Soalnya’kan kebanyakan Blind Sketching itu digambar diatas kertas, tapi masih banyak yang belum menyadari bahwa metode ini bisa mendukung dalam Digital Art. Jika kalian tidak bisa memakai Wacom atau Photoshop, bisa kok dengan mengulangi gambar tersebut. Tapi menggambar seperti yang kita gambar waktu mata tertutup?! Bagaimana kita bisa mengikutinya lagi? Maka itulah software menggambar dengan fitur layer diciptakan!! Hahaha..

Sebagai penutup, hari Jum’at yang lalu setelah ujian sekolah selesai. Aku mencoba-coba dan iseng-iseng mencoba Blind Sketching.

The Ugly Girl (Blind Skecthing)

 

Hayoo… apa yang aku gambar? Aku akan memberi pilihan, apakah aku akan menggambar seorang gadis? bebek? Atau dua orang menari?

The Ugly Girl 2 (Blind Sketching)

 

Ternyata seorang gadis, hehehe.. The Ugly Girl tentunya.. see? Kali ini aku tidak menggambarnya dengan realistis, tapi.. aku menyukainya… yah.. lumayanlah, ia pantas jadi villain dalam suatu game.

Metal Dragon (Blind Sketching)

 

Nah.. sekarang tebak lagi, aku gambar apa? Bebek? Orang lagi menyanyi rock? Atau naga?

Metal Dragon 2 (Blind Sketching)

 

Ternyata aku gambar naga!! Naga Metal!! Sepertinya sih ia naga yang ramah…

Follow The Balloons (Blind Sketching)

 

Setelah menggambar Metal Dragon, aku benar-benar tidak tahu harus menggambar apa, yah sudah aku tutup mata dan gambar asal-asalan, saat aku buka mata, inilah hasilnya dan aku baru sadar, nah.. kalo yang ini gue tahu mau gambar apaan!! Ayo! Tebak, kira-kira apa??

Follow The Balloons 2 (Blind Sketching)

 

Ohh… Mr. Bullterrier, why are you flying? Whoops.. i think the  balloons is too much for you. Don’t worry Mr. Bullterrier, i will catch ‘ya! Wait a minute! Ms. Kitty, why are you flying too? Don’t lick your feet in front of me! What is going on? Oh.. i’m flying too!! Wheeeee!!

‘Woof!!’

‘Meow..meow!’

Where are we going balloons?

Seorang anak perempuan kecil dan dua hewan peliharaannya menuju petualangan angkasa, hahaha!!

Sudah.. itu saja yang bisa aku gambar, only 3? Yeah.. only 3, jika aku punya waktu, aku akan mencoba blind sketching lagi… Sudah lihat hasilnya bagaimana? Aku sudah menunjukan gambarku dengan PeDe tingkat tinggi. Haha!

Baiklah, sudah dulu yah… aku akan memposting artikel yang menarik lagi jika ada info-info yang menarik bagiku.

‘Masa?! Bohong loe!’

… Buktinya tentang SCP, aku update, Astral Projection aku posting, dan kali ini tentang Blind Sketching aku posting’kan? Semua ini adalah artikel yang menarik dan membuat penasaran. *SekalilagiPedetingkattinggi*

Well.. terima kasih sudah membaca artikelku sampai akhir, hope you like it!! Yah.. itu saja, sampai jumpa!!

 

 

Ooohh.. wait.. wait… ada yang perlu aku katakan, jangan lupa check bagian My Gallery, My Gallery 1, atau My Gallery 2. Karena sewaktu-waktu atau setiap saat, pasti aku update dengan gambar terbaru, jika kalian menyukai gambar-gambarku, check terus setiap saat. Atau bagian My Fashion Design juga boleh.

Dan.. satu lagi, mengenai cerita Wake Up, Survive, Sleep, atau WSS tersebut, aku tidak akan mengupdate-nya lagi atau.. bisa dibilang, cerita WSS tidak akan update lagi diblog ini. Kenapa? Karena membuat cerita seperti itu cocoknya ditulis dibuku, kalo ditulis diblog seperti ini, it will not work, dan aku yakin tidak akan populer seperti Creepypasta. Jadi ‘Hak Cipta’ WSS aku serahkan pada temanku. Karena kebanyakan orang-orang menyukai cerita ‘Gold Fish’ , ‘The Island’ dan ‘Clouds’. Jadi, mulai kali ini, aku akan mencoba memposting cerita lepas, seperti ketiga ceritaku yang ‘laris’ itu, kalo WSS sepertinya cocok dinovel.

Yah, itu saja, terima kasih dan sampai jumpa.    😀

One thought on “Blind Sketch

  1. Hiya, I am really glad I have found this information. Nowadays bloggers publish just about gossips and web and this is really annoying. A good blog with interesting content, that is what I need. Thanks for keeping this website, I’ll be visiting it. Do you do newsletters? Can not find it. bbceafgdaaff

Leave a Reply

