Seberapa Akademiskah Anda??

A+ Grade on Homework

 

Ok everyone, lagi gak ada kerjaan dan baca-baca majalah, iseng-iseng jika ada cerita yang menarik. Aku tidak  menyebutkan nama majalahnya, tapi aku ingin menampilkan apa ang ada diisinya, salah satunya quiz. Yeah!! Everyone likes quiz right??  quiz itu ibaratnya ramalan, selalu penasaran hasilnya akan seperti apa jika kita begini, selalu ingin tahu hasilnya jika kita begitu dan tetek bengek lainnya. Majalah yang aku baca ini menginformasikan bahwa quiz ini ditulis berdasarkan penelitian psikologi dari universitas tertentu. Kalian siap dengan quiz-nya??!! Jadi, aku sarankan siapkan kertas kosong dan pensil, karena itu akan berguna sebagai pengingat pilihan mana yang kalian pilih sebelumnya. 

🙂  🙂  😉  😉  😀  😀

Ada yang menganggap ruang kelas adalah tempat yang paling baik dalam proses pembelajaran. Tapi disisi lain, tak sedikit yang memandang ruang kelas seperti sebuah penjara, ruang dimana proses mencari ilmu justru menjadi sebuah nestapa. Padahal, jika dicermati, ruang kelas adalah titik masuk menuju proses belajar didunia nyata. Pertanyaannya sekarang, dimana posisi anda sekarang? Menyukai ruang kelas untuk menjadi seorang yang terpelajar dan berpandangan akademis atau sebaliknya. Daripada ragu-ragu dengan posisi anda, sebaiknya ikuti saja quiz bwerikut ini.  Ingat yah! Yang jujur jawabnya, jangan pakai logika, jangan pura-pura pintar dalam mengikuti quiz tersebut, aku saja mengikutinya dengan jujur.

1. Bagaimana anda menyiapkan diri menghadapi ujian?
a. Berdoa
b.Kram otak
c.Menyegarkan ingatan dengan membuka kembali catatan.

2. Didalam kelas, dimana anda duduk?
a.Dibelakang dong!!
b.Ditengah
c.Pastinya didepan

3.Apakah anda menggunakan catatan kaki? (Footnotes)
a.Ya, ketika saya mengerjakan banyak riset untuk dijadikan makalah.
b. Tidak, itu kelihatannya kutu buku
c. Untuk apa? Kaki saya tidak bau!

4. Apa yang anda baca?
a. Tumpukan buku teks
b. Blockbuster terbaru
c. Tentu saja, kuis ini

5.Kapan terakhir kali anda mengunjungi perpustakaan?
a. Kemarin
b. Bulan lalu
c. Eh, dimana yah perpustakaan itu?

6. Apa yang anda ketahui tentang belajar secara online?
a. Cara terbaik untuk mengetahui apakah anda bekerja atau tidak
b. Fantastis! Dunia pengetahuan ada didalam genggaman anda!
c. Saya lebih menyukai baca buku

7. Anda menyukai guru anda?
a. Dia oke.
b. Saya justru naksir dia
c. Tidak, guru meruntuhkan hidup saya.

8. Apa yang anda lakukan selama sesi belajar-mengajar?
a. Melamun dan mencoret-coret kertas
b. Tidur, mmm.. saya sangat menyukainya
c. Mencatat

Sudah? Sudah catat jawaban kalian dikertas? Nah… sekarang cocokan jawaban kalian dengan nomor berikut ini:

1. a=1, b=2, c=3
2. a=1, b=2, c=3
3. a=3, b=2, c=1
4. a=3, b=2, c=1
5. a=3, b=2, c=1
6. a=1, b=2, c=3
7. a=2, b=3, c=1
8. a=2, b=1, c=3

 

 

 

 

 

Sudah?? Sekarang lihat hasil perhitungan kalian!

Penjelasan:
8-13 : Anda sangat tidak akademis, anda bahkan tidak mampu mengeja satu kata’pun! Bagi anda, ruang kelas adalah penjara dengan suasana yang menyiksa, dan anda tampaknya lebih baik belajar kehidupan diluar, didunia nyata.

14-19 : Anda cerdas, didalam dan diluar dunia akademis. Anda tahu bagaimana caranya melewati ujian tanpa memalukan diri sendiri. Selamat!! Anda punya keseimbangan yang baik, yang akan berguna untuk anda didunia nyata.

20-24 : Anda tidak perlu mengisi kuis ini untuk mengetahui apakah anda akademis atau tidak, tetapi apakah anda tahu bahwa anda dalam bahaya karena berpotensi menjadi seorang geek? Kecerdasan anda memang dikagumi, tapi jangan lupa bahwa ada berbagai jenis kecerdasan.

 

Well… bagaimana? Sebenarnya kuis ini berbicara tentang keseimbangan bukan? Jangan terlalu cerdas, jangan juga terlalu tidak cerdas. Sedeng-sedeng saja…  Baiklah, jawaban kalian dari nomor berapa? Kalau aku sih 15. Aku tidak bohong, jika aku bohong, kenapa aku menyuruh kalian jawab yang jujur?!

3 thoughts on “Seberapa Akademiskah Anda??

Leave a Reply

