Pale Blue Dot

Carl Sagan

 

Aku mendapatkan ini dari internet. Kalian sudah baca gambar yang ada diatas? Yeah… that’s our home, the only one home. Itu adalah bumi dari jarak jauh, yah aku tahu bentuknya seperti sebutir debu tetapi itu benar-benar bumi, astaga.. aku merasa.. merasa sangat kecil sekali. Kalo semut melihat kita seperti kita adalah ‘Tuhan’, bagaimana kalo kita seperti semut-semut itu? The universe is big as God!! ย Titik Biru Pucat (bahasa Inggris: Pale Blue Dot) adalah foto Bumi yang diabadikan oleh Voyager 1 pada tahun 1990. Voyager 1 adalah robot yang diciptakan untuk keluar angkasa, seperti Sputnik.

voyager1-edge-universe

Voyager 1 telah menyelesaikan misi utamanya dan sedang meninggalkan Tata Surya. Atas permintaan Carl Sagan, NASA memerintahkan pesawat angkasa tersebut untuk mengambil foto Bumi dari jauh. Maka dihasilkanlah foto yang menunjukkan keberadaan Bumi, “Titik Biru Pucat”, di tengah angkasa yang luas. Wow! Fascinating! Kalau boleh aku terjemahkan tulisannya yang ada digambar kesatu, Bumi yang diabadikan oleh Voyager 1 yang keluar dari luar angkasa pada tahun 1990. Bumi hampir 4 ย miliar mil ย jauhnya digambar ini. Begitu kecilnya’kan kita?

4 miliar? 4 miliar guys and gals!! Berjalan 1 km aja udah ngos-ngosan apalagi 4 miliar??!! Tapi aku salut dengan Voyager 1, terbang 4 miliar mil hanya untuk keluar dari luar angkasa. Percaya gak percaya, itu adalah bumi and we are so tiny….

Oh, yah, aku punya musik favoritku yang berjudul Microscopic, dan berikut adalah video klipnya, kalian harus menontonnya, karena video ini juga berkaitan dengan ‘Pale Blue Dot’ ini. Video klip ini mengilustrasikan tentang jarak luar angkasa dan sampai mana batas kemampuan NASA dalam menjelajahi tata surya. Ini bukan film dokumenter kok, ini musik, video klip ok?

That’s all for now guys and gals! Enjoy and see ya’!! ๐Ÿ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s