Children Stories??!!

Hi, everyone… sorry banget gak update-update, soalnya lagi sibuk ngerjain tugas kurikulum 2013 yg nyeselin, jadinya kurang memperhatikan dan update diblog karena malesnya thu minta ampun, karena sepulang sekolah, tepaarr banget!! Langsung aja deh ke topiknya…. kenapa judulnya Children Stories?!! Karena ini menyangkut cerita anak-anak dan dongeng.

Ok, hmm…. pernah gak sih kalian melihat buku cerita anak-anak yang menakutkan ? Hah?! Coraline.. ok, itu cerita yang lumayan menakutkan… apa lagi yah… setahu aku sih… Seri Goosebumps juga cukup membuat bulu kuduk merinding, walaupun menurutku itu cocok dijadikan genre buku petualangan. Masih banyak sih sebenarnya, cuma aku tidak tahu buku cerita ‘anak-anak’ apalagi yang aku tahu.. Jadi aku mau membahas yang horor-horor lagi nih.. namanya juga orang Indonesia yah..? Demennnya yang horor-horor. Setelah melihat stats WordPress-ku, ternyata artikel tentang SCP (Secure, Contain, Protect) dan Astral Projection ‘laku abizzz….’ apalagi yang The X-Files, baru aja ditinggal dua hari, sudah ada yang ngelihat beberapa orang.

Ok yah, langsung aja. Setiap manusia itu pasti memiliki perasaan, perasaan sedih, takut, marah, senang. Dan… soal yang horor-horor nih yang aku mau share…  Aku pengen share kalian tentang buku-buku cerita yang horor. Hmmm… mainstream banget gak sih aku nulis beginian? Soalnya aku lagi niat nih nulisnya… dan aku sebagai orang Indonesia, juga demen yang horor-horor gitu tapi ujung-ujungnya juga gak bisa tidur, hehehehehe….. Nah, untuk genre-nya… children bung!! Well… bukan apa-apa, tapi aku hanya khawatir kepada mental dan para orang tua yang berpikir negatif tentang buku cerita horor yang dikhususkan untuk anak-anak. Yah, bagaimana yah…? Soalnya aku pernah mengalaminya sih… beberapa tahun yang lalu’kan aku menonton film Coraline, yah.. Coraline itu filmnya ada rada-rada horor juga’kan? Aku tidak takut dan merasa biasa saja, melainkan seru! Tapi karena melihat-lihat hal yang seperti itu. Ibu saya marah-marah karena ia tidak suka aku menonton film horor, Nontonnya aja gak boleh apalagi beli buku ceritanya yah? Tapi setelah browsing-browsing diinternet, terkadang cerita atau film horor tidak selalu membawa pengaruh negatif kepada anak-anak, justru itu untuk memperkuat mental mereka dan membuat mereka lebih berani untuk tidak takut kepada apapun, yah… risikonya cuma TAKUT!  Bahkan dari zaman dulu sudah ada novel atau buku cerita yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Aduh… keliatannya bertele-tele yah? Lebih baik aku simpulkan diakhir artikelnya  saja. Berikut adalah cerita horor yang diperuntukkan bagi anak-anak yang aku suka:

1. Der Struwwelpeter

Hmm… dari gambarnya sih keliatannya nggak menakutkan tapi sebenarnya ini adalah cerita horor lho… cerita yang berasal dari Jerman ini cukup seru dan serem dikit… Buku ini terdiri dari kumpulan cerita. Aku tidak sepenuhnya mengetahui ini. Well.. pertama-tama, buku ini dikarang oleh Heinrich Hoffmann pada tahun 1845. Aku sudah membaca versi Bahasa Inggrisnya dan… hmm… bagiku sih.. tidak menakutkan tapi gak tahu deh bagi kalian itu menakutkan atau tidak, jadi Heinrich sengaja membuat buku ini untuk memberi pelajaran kepada anak-anak, supaya memberikan nilai moral bahwa mereka tidak boleh berbuat nakal lagi. Jadi tidak heran aku menemukan cerita yang berhubungan dengan kenakalan anak-anak.

Seperti cerita yang menceritakan seorang anak perempuan bermain korek api sampai membuat seluruh tubuhnya terbakar dan akhirnya ia mati berupa abu.

300px-H_Hoffmann_Struwwel_08

 

Ada juga cerita yang menceritakan, pada suatu hari, Saint Nicholas melihat tiga anak laki-laki mengejek anak laki-laki berkulit hitam, untuk memberinya pelajaran, Saint Nicholas menenggelamkan 3 anak tersebut didalam tabung tinta hitam.

170px-H_Hoffmann_Struwwel_10

Ada juga cerita yang menceritakan tentang sorang anak yang gemar menghisap ibu jarinya, karena itu, ibunya memperingati ia jangan menghisap-hisap jari  jempolnya lagi, anaknya pun menurutinya. Ketika ibunya keluar rumah, ia pun menghisap jari jempolnya kembali sampai… dirumahnya kedatangan tukang jahit dan menggunting ibu jarinya sampai putus. Cerita yang satu ini menurutku kurang masuk akal, untuk apa tukang jahit itu menggunting ibu jarinya padahal anak itu tidak mengganggunya’kan? Atau jangan-jangan… tukang jahit itu suruhan emaknya? Hahaha.. sadis amat yah emaknya kalo gitu..

illu_16a

Nah.. kalo yang lain-lainnya, hanya cerita anak-anak yang umum tetapi tetap tidak menakutkan kok.. nih, baca aja disni:

http://en.wikipedia.org/wiki/Struwwelpeter

2. Scary Stories To Tell In The Dark

Nah… kalo yang ini.. baru cerita horor sejati, sampai difilmkan, inspirasinya ternyata lewat sini toh… Bahkan sampai masuk keinternet dan diceritakan melalui meme. Bagi yang belum tahu aku ceritakan, bagi yang udah tahu yah.. aku rapopo aja deh..

Scary Stories To Tell In The Dark Audio Book

Widiihh… dari covernya aja udah keliatan nih cerita bakal seru banget! Cerita ini dikumpulkan menjadi 3 seri, ada Scary Stories To Tell In The Dark, More Scary Stories To Tell In The Dark, dan More Tales To Chill Your Bones. Semua ketiga seri ini sudah aku baca dalam Bahasa Inggrisnya dan.. tidur-tidur aku kebayang bagaimana takutnya!! Pertama-tama, buku ini dikarang oleh Alvin Schwartz pada tahun 1981 dan dilustrasikan oleh Stephen Gammel, mereka berdua memang bagus dalam bekerja sama. Alvin membuat cerita yang seram, dan Stephen Gammel juga menceritakannya lewat gambar-gambar ilustrasi yang seram sehingga mendukung cerita tersebut.

Awalnya cerita ini juga dikritik oleh para orang tua yang tidak setuju bahwa buku ini diperuntukkan bagi anak-anak, tetapi para anak-anak menyukainya dan tidak terjadi apa-apa dengan mental mereka, sehingga perlahan-lahan, buku ini tetap laris dan kritik negatif mulai menghilang pelan-pelan. Sudah aku bilang’kan tadi bahwa orang tua akan menganggap ini ‘ancaman’.

scary-stories-to-tell-in-the-dark-3

Waduhh.. ngeliat yang kayak begini aja udah ngeri apalagi cerita yang lainnya, also cerita ini juga pernah diadaptasikan menjadi film yang berjudul Urban Legends : Bloody Mary. Yang ada adegan dimana seorang perempuan tersebut mengira tonjolan dipipinya itu adalah jerawat kemudian ia memecahkannya dan jerawat tersebut mengeluarkan anak-anak laba-laba. Well… ceritanya hampir sama dengan yang ini. Ada remaja perempuan yang tertidur dan tidak sadar dipipinya hinggaplah seekor laba-laba yang bertelur dipipinya, keesokan harinya ia menemukan bentolan berwarna merah dipipinya, ia mengira itu adalah jerawat sehingga tidak perlu dipecahkan, hari demi hari berlalu ia kebingungan mengapa jerawat itu semakin membesar dan terinfeksi, akhirnya ia memecahkannya dengang terpaksa sehingga keluarlah segerombolan anak laba-laba yang berkeliaran keluar dari jerawat tersebut, perempuan tersebut kagetnya bukan main.

girlwithgreen

Nah.. yang ini pasti kalian pernah kenal. The Green Ribbon atau The Red Ribbon. Yang menceritakan seorang wanita yang memakai pita berwarna merah atau hijau yah..? Ada banyak versi nih.. well, seumur hidupnya ia menolak dan tidak boleh melepaskan pita yang ada dilehernya tersebut. Sampai akhirnya secara tidak sengaja, anaknya membuka pita tersebut dan POP!! Kepalanya putus deh… Hmm.. seharusnya ia mati yah…?

the-dream-scary-stories-3

Nah.. yang satu ini, dari gambarnya nggak menakutkan, tapi mengagetkan! Tidak menakutkan? Iya, liat deh wajahnya, menurutku, wajahnya lucu, manis dan ia sepertinya berusaha ramah kepada orang lain. Jadi ceritanya adalah, ada seorang anak perempuan yang bermimpi buruk, dimimpinya itu ia bertemu dengan seorang wanita gemuk, berambut panjang, dan berwajah menyeramkan seperti gambar yang ada diatas. Perempuan itu lega karena itu cuma mimpi, keesokan harinya setelah ia terbangun dari mimpi buruk itu, ia dan keluarganya pindah rumah. Dirumah barunya itu, ia senang bisa bertemu dengan kamar tidur barunya, kemudian seseorang mengetuk ointu kamarnya dan mengatakan bahwa ia adalah pelayan rumah yang ingin mengantarkan teh untuk anak perempuan itu, anak perempuan itupun membukanya dan ternyata, pelayan itu adalah wanita yang sama yang ada didalam mimpinya itu, ia’pun kaget dan berlari ketakutan.. ooohh… hahahah… kalau aku yang jadi dia, aku bakalan kaget sebentar lalu menahan tawa.

scary6

Hmmm.. kalau yang ini sih.. lumayan. Jadi ceritanya ada seorang anak perempuan ditantang teman-temannya untuk mengikuti uji nyali menginap dikuburan yang katanya kuburan bekas penyihir jahat. Karena ia sombong dan meremehkannya, jadinya ia menerima tantangan tersebut. Jadilah saat itu pada malam hari, ia menginap diatas kuburan sang penyihir tersebut, ia mengejek-ejek dan merusak-rusak keburan tersebut sambil berkata,”Kau tidak ada apa-apanya, kau itu sudah mati!!” Tiba-tiba saja ada sebuah tangan keluar dari tanah kuburan dan mencengkram kaki anak perempuan itu, anak perempuan itu kaget dan ketakutan sambil berteriak meminta tolong tapi tidak ada yang mendengarkannya, sampai-sampai tangan penyihir itu menarik anak perempuan itu tenggelam ketanah kuburan bersama dengannya… iiihh… seram yah….?

tumblr_mch4ial5Ps1qg0ij7o3_500

Kalau yang ini menceritakan tentang segerombolan anak laki-laki yang pergi keladang jagung pada malam hari karena tertantang dan penasaran untuk bertemu dengan scarecrow. segerombolan anak laki-laki itupun bertemu dengannya, scarecrow tersebut memegang dan mengenggam salah satu tangan anak laki-laki tersebut, karena ketakutan merekapun kabur. Salah satu anak laki-laki tersebut ada tangannya yang masih terluka karena dicengkram oleh scarecrow tersebut. Lama-kelamaan luka tersebut membesar dan semakin parah, berlendir, berdarah-darah, dan membusuk. Hari demi hari, anak tersebut mengalami luka yang parah sampai seluarh tubuhnya dan wajahnya dan ia hampir miri dengan scarecrow yang pernah mencengkram tangannya. Well…. cerita ini seperti zombie saja, ia menggigitmu dan kau tertular sama seperti mereka.

Sudahlah, lebih baik aku jangan menceritakan seluruh ceritanya karena ceritanya terlalu banyak. Oh yah, aku sarankan kalian melihat dan baca cerita aslinya lewat website ini..

http://www.scaryforkids.com/stories-to-tell/

…Kenapa? Karena cerita hasil translate yang aku kasih tahu kekalian kurang lengkap dan tidak seru, aku hanya memberikan inti ceritanya saja kepada kalian. Lagipula, di website itu kalian bisa melihat cerita aslinya dan cerita yang lain-lainnya termasuk cerita dari seri-seri yang lain. Sayangnya, cerita ini masih dalam bahasa inggris. Jadi kalian harus mengerti bahasa inggris juga.

3. Don’t Make Me Go Back Mommy…

images

Cerita ini memang ilustrasinya seperti cerita anak-anak, tapi kalau kalian cukup mengerti cerita ini tentang apa, maka cerita ini seperti cerita horror. Cerita ini menceritakan tentang kehidupan anak-anak yang mengalami Satanic Ritual Abuse (SRA) atau artinya dalam Google Translate, Penyalahgunaan Ritual Setan. Jadi dari intinya kalian tahu dong bahwa cerita ini tentang ajaran-ajaran agama yang sesat yang diajarkan kepada anak-anak. Cerita ini terbit tahun 1990 dan dikarang oleh Doris Sanford. Doris telah meriset bertahun-tahun dengan teliti untuk membuktikan bahwa kekerasan terhadap anak-anak dalam agama sesat itu ada dan ia mengarang buku ini untuk memberikan petunjuk kepada para orang tua untuk selalu berhati-hati dan kritis terhadap kelakuan anak-anak merka dan lingkungan sekitar mereka. ceritanya adalah seorang anak perempuan yang bernama Alison dititipkan kepada penitipan anak oleh orang tuanya yang sibuk. Orang tuanya merasa curiga dan merasakan ada yang aneh terhadap Alison, merekapun meminta psikiater atau psikolog untuk memeriksa anaknya. Sementara itu, Doris memberikan petunjuk lewat tulisan-tulisan atau ilustrasi dalam cerita itu bahwa Alison dimasukan kedalam ajaran agama sesat oleh guru-guru yang bertanggung jawab atas penitipan anak tersebut.

2-e1393603720666

Disini diceritakan bahwa bagaimana sekolah dan aktivitasnya ditempat penitipan anak tersebut. Alison mengatakan bahwa ia baik-baik saja dan mematuhi perintah gurunya, gurunya sih baik tapi ia tidak suka minuman jus yang diberikannya, ia mengatakan bahwa itu adalah ‘jus ajaib’ tapi rasanya aneh atau lucu. Atau kalian lihat petunjuk dari gambarnya, disini ada gambar kelinci-kelinci yang dikandang, Doris mengatakan anggap saja para kelinci itu adalah anak-anak. Jadi anak-anak tersebut dikurung dan diajari agama yang sesat oleh gurunya. Gambar tersebut juga ada seorang guru yang memiliki tampang tegas dan galak sebagai ancaman terhadap anak-anak akan ada sesuatu yang terjadi pada mereka jika mereka mengkhianati sekte tersebut.

4-e1393604469945

Disini diceritakan bahwa mereka akan mengalami pesta Halloween yang menyenangkan sekalian merayakan hari ulang tahunnya Becky. Petunjuknya adalah digambar tersebut guru-gurunya memakai pakaian jubah serba hitam, bukannya untuk trick or treating bersama, melainkan Ulang tahun Becky akan menjadi ritual gaib agama sesat tersebut.

5

Nah.. inilah ulang tahun Becky, dirayakan diluar dan para anak-anak ditelanjangi dan disuruh berdiri disekeliling lingkaran. Kata gurunya, “Tidak ada jalan keluar lewat lingkaran ini.” yang berarti para guru tersebut ingin menghipnotis dan menguasai pikiran anak-anak tersebut agar mereka mau disuruh apa yang disuruh.

880450-e1393606163611

Digambar yang ada diatas, Alison dibawa kedokter untuk memeriksakan apa yang terjadi. Tulisannya diatas mengartikan, ia tidak ingin dibuka bajunya dan berjalan-jalan telanjang. Mereka memberikan ‘bedah ajaib’, guru-guru tersebut memasukan sebuah ‘monster’ didalam tubuh Alison. Hmmm… kalian mengerti apa yang kumaksud? Kalian menduga apa yang terjadi dengan boneka kelinci tersebut?

Hmmm.. cuma itu saja yang bisa aku share, dan itulah cerita-cerita yang menurutku seru dan menyeramkan untuk dibaca. Tapi ini just for fun saja ok? Tidak ada komentar yang buruk,tidak ada tekanan dan semuanya akan baik-baik aja. Maafkan aku karena aku tidak bisa posting seluruh ceritanya, karena.. hmm.. biar buat kalian makin pensaran aja, hehehe….

Well.. makasih atas kunjungan dan perhatiannya kepada blog ini, karena seiring aku sibuk dengan kurikulum 2013, aku menjadi capek dan tidak memperhatikan blog. Jadi apa yang kalian pelajari hari ini??!! Yah.. jangan takut pada yang horor-horor yah anak-anak.. ehehehe…

Ok, bye.  😀

Advertisements

3 thoughts on “Children Stories??!!

  1. Di Scary for kids, Scary Stories To Tell In The Dark-nya kurang lengkap, ada website lain gak ?
    Terus boleh minta website tempat cerita Don’t Make Me Go Back Mommy sama Der Struwwelpeter ? Mau baca lengkapnya,,
    Makasih..

    1. Maaf, yg Scary Stories to Tell In The Dark cerita lengkapnya cuma ada di website itu, klo Don’t Make Go Back Mommy dan der Struwwelpeter tidak ada cerita lengkapnya klo mau harus membelinya atau… karena cerita itu sudah lama dan tidak ada yg meminatinya maka tidak heran susah dicari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s