My Adventure To Java (part 1)

Ok, ok, ok… aku akan menceritakan pengalaman saat aku pergi ke Jawa, Jawa apa? Jawa Tengahdan Jawa Timur, tapi aku tidak yakin karena aku hanya menjadi seorang anak yang dicueki oleh keluarga besar sana.

Kok dicuekin?

Yah… disana semua paman-paman dan bibi-bibiku sibuk mengurusi anaknya masing-masing dan foto sana-foto sini, jadi aku hanya melihat-lihat dan foto-foto saja. Hmmm… baiklah.. pertama-tama, aku berhasil memotret hasil perjalananku di Goa Jatijajar dan Candi Prambanan. Aku juga akan sekalian memberikan kalian info tentang kedua objek wisata yang terkenal ini. Dan objek rekreasi lainnya yang tidak dipotret oleh diriku.

Hmmm… Haa.. mmmm… pertama darimana dulu yah, aku tidak sepenuhnya ingat karena ini sudah seminggu yang lalu… God Dammit! Aku harus membuka atlas’kan?

Pertama-tama, aku harus startin point dirumah saudara sepupuku di Tangerang, lalu kita berjalan memakai mobil, ya iyalah kalo lu jalan kaki keliling Jawa itu udah greget! Dari Tangerang -> Bekasi ->  Purwakarta -> Bandung, hmm.. sepertinya waktu itu di Bandung kami sekeluarga sedang mencari hotel untuk menginap satu malam, lalu kami melanjutkan perjalanan kami membawa dua rombongan dan jujur! Rasanya tidakenak sempit-sempitan dalam mobil, belum lagi ada saudara kecil yang selalu mengganggu, maka itu aku mendengarkan musik agar tidak bosan. Kemudian macet-macetan seperti dipuncak di Sumedang, karena disana sudah stuck di traffic dan kami kelaparan. Bibiku langsung saja membeli Tahu Sumedang yang sering berada dipinggir jalan. Terussss kami menyusuri kemacetan itu sampai Tasikmalaya -> Purwokerto -> Dan akhirnya sampai di Kebumen!!! Yeah baby! Kami sudah sampai di Jawa Tengah

1. VISITING TO MR. DINO HOUSE

Sebenarnya di Jawa Tengah ini, awalnya kami sekeluarga pengennya sih targetnya sampe Ke Surakarta alias Solo, tapi pertama-tama, kami istirahat disana dan saudaraku mengatakan ada objek wisata di Kebumen yang bernama Goa Jatijajar. So, pastilah kami starter engine and go! Sampai disana.. aku kira di Jawa situ suhu cuacanya bakal dingin, ternyata oh ternyata… panas banget!! Pantes, banyak penjual topi tidak karuan mengelilingiku seperti artis dikerumuni para wartawan. Tapi aku tidak mau membeli topi dari mereka… saatnya foto-foto untuk memberikan kalian ilustrasi dan pengalamanku disana.

wpid-20141226130938.jpgBeeuuhhh… udah kebayangkan panasnya gimana, bibi aku aja udah pake topi dan kacamata itu, pasti rasanya panaskan? Yah… dari gambarsih keliatannya gak panas-panas amat, hmm… bener gak panas-panas amat kok sampai kalian minum Aqua 2 botol!

Well.. jadi, Goa Jatijajar adalah sebuah tempat wisata berupa gua alam yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Gua ini terbentuk dari batu kapur. Gua Jatijajar mempunyai panjang dari pintu masuk ke pintu keluar sepanjang 250 meter. Lebar rata-rata 15 meter dan tinggi rata-rata 12 meter sedangkan ketebalan langit-langit rata-rata 10 meter, dan ketingian dari permukaan laut 50 meter.

Di dalam Gua Jatijajar banyak terdapat Stalagmit dan juga Pilar atau Tiang Kapur, yaitu pertemuan antara Stalagtit dengan Stalagmit. Kesemuanya ini terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang sudah bereaksi dengan batu-batu kapur yang ditembusnya. Menurut penelitian para ahli, untuk pembentukan Stalagtit itu membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam satu tahun terbentuknya Stalagtit paling tebal hanya setebal 1 (satu) cm saja. Oleh sebab itu Gua Jatijajar merupakan gua Kapur yang sudah tua sekali.

Batu-batuan yang ada di Gua Jatijajar merupakan batuan yang sudah tua sekali. Karena umur yang sudah tua sekali itu, maka di muka Gua Jatijajar dibangun sebuah patung Binatang Purba Dino Saurus sebagai simbol dari Objek Wisata Gua Jatijajar, dari mulut patung itu keluar air dari Sendang Kantil dan sendang Mawar, yang sepanjang tahun belum pernah kering. Sedangkan air yang keluar dari patung Dino Saurus tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai pengairan sawah desa Jatijajar dan sekitarnya. Patung Dinosaurus ini lho yang kumaksud…

wpid-20141226131512.jpg

Iiihhh… kok informasinya tahu semua? Copas dari Wikipedia yah??

Hmm.. iihh.. tahu aja deh kamu!  Baiklah… jadi thu awal mula ‘terciptanya’ gua ini adalah ditemukan oleh seorang petani yang memiliki tanah di atas Gua tersebut yang Bernama “Jayamenawi”. ketika Jayamenawi sedang mengambil rumput, tiba-tiba ia terperosok jatuh kelubang, lubangnya geeddeeee bangettzz, lubangnya lebaarrr bangeetttzz! Ternyata lubang itu adalah lubang ventilasi  yang ada dilangit-langit gua tersebut. Lubang ini mempunyai garis tengah 4 meter dan tinggi dari tanah yang berada dibawahnya 24 meter. hmmm.. mungkin lubang ini yang dimaksud..

wpid-20141226134749.jpg

 

Tapi…. lubangnya gede banget untuk seorang petani yang jatuh kedalam lubang tersebut… kalo dilihat-lihat mirip Rabbit Hole yang ada di film Alice in Wonderland yah? Tunggu dulu, aku juga mencurigai mungkin lubang ini yang Jayamenawi maksud..

 

wpid-20141226134233.jpg

Hmm.. yang mana yah? Cuma Tuhan dan Jayamenawi yang tahu. Aku juga tidak tahu tahun berapa gua dan lubang tersebut dibentuk sumber-sumber informasi seperti Wikipedia’pun juga tidak menuliskan gua ini dibangun tahun berapa, entahlah.. tapi gua ini pasti terbentuk sangaaatt lamaaa sekali!!

Pada mulanya pintu-pintu Gua masih tertutup oleh tanah. Maka setelah tanah yang menutupi dibongkar dan dibuang, ketemulah pintu Gua yang sekarang untuk masuk. Karena di muka pintu Gua ada 2 pohon jati yang besar tumbuh sejajar, maka gua tersebut diberi nama Gua Jatijajar (Versi ke I). Oohhh… gitu toh, pantesan disampingnya ada banyak banget Pohon Jatinya.

wpid-20141226132904.jpg

Yang memakai kaos putih dan celana pendek coklat itu adalah adikku, disebelahnya adalah saudara sepupuku yang kecil dan yang paling kecil. Yang memakai topi warna pink adalah bibiku. Dan… masih banyak saudara-saudara yang lainnya. Well.. masuk-masuk sudah cukup membuatku memukau, aku belum pernah masuk gua sebelumnya, tapi akan aku lakukan, wuahahaha!!

10885256_772810346120211_1224087932428422670_n

Sebelum masuk kegua, aku melihat sekelilingnyadalu, sudah kebiasaanku untuk melihat-lihat sekeliling jika mengunjungi tempat baru. Untuk foto yang diatas, bukan aku yang foto, aku meminta bibiku, Elita untuk mengirim foto tersebut, terima kasih yah bibi, hehehe..

Dilihat keatas gua tersebut, kurang terawat juga yah..? Karena diatasnya terdapat banyak coret-coretan orang-orang iseng. Aku tidak tahu itu dicoret karena iseng atau ada alasan tertentu tapi aku hanya punya satu pertanyaan!! Bagaimana mereka mencoret batu tersebut diketinggian 12 meter??!! Apakah mereka membawa tangga dari toko material dan manjat-manjat kesana hanya untuk mencoret-coret batu tersebut? Yuk.. lanjut lagi!

wpid-20141226133327.jpg

didalamnya gelap sekali, sehingga aku berpikir untuk memotret tempat ini dengan flash mode on, tapi aku rasa tidak usah, karena menurutku ini terkesan asli dan natural. Masuk-masuk sana untuk melanjutkan perjalanan, aku bertemu dengan jembatan penyeberangan untuk melewati jalan gua lainnya, well… tempatnya lumayan dingin, gelap, tapi untungnya ada lampu-lampu yang menerangi.

wpid-20141226133630.jpg

Well… sebentar.. sebentar, emak dan adiknya narsis dulu nih.. by the way, foto diatas merupakan diorama yang di pasang dan dalam Gua Jatijajar ada 8 (delapan) diorama, yang patung-patungnya ada 32 buah. Keseluruhannya mengisahkan cerita Legenda dari “Raden Kamandaka – Lutung Kasarung”. Adapun kaitannya dengan Gua Jatijajar ialah, dahulu kala Gua Jatijajar pernah digunakan untuk bertapa oleh Raden Kamandaka Putera Mahkota dari Kerajaan Pajajaran, yang bernama aslinya Banyak Cokro atau Banyak Cakra.

Sebenarnya ada banyak sekali diorama tersebut dan aku ingin potret tapi aku memutuskan untuk tidak memotretnya karena…
1. Karena tempatnya gelap, jadi tidak akan mnarik difoto
2.Ingin menghemat sd card smartphone-ku *gubbrraakk*
3. Akiu ingin membuat kalian penasaran untuk mengunjunginya, wuahahaha!!!

Di dalam Gua Jatijajar terdapat 7 (tujuh) sungai atau sendang, tetapi yang data dicapai dengan mudah hanya 4 (empat) sungai yaitu:

Sungai Puser Bumi
Sungai Jombor
Sungai Mawar
Sungai Kantil

Untuk sungai Puser Bumi dan Jombor konon airnya mempunyai khasiat dapat digunakan untuk segala macam tujuan menurut kepercayaan masing-masing. Sedangkan Sungai Mawar konon airnya jika untuk mandi atau mencuci muka, mempunyai khasiat bisa awet muda. Adapun Sendang kantil jika airnya untuk cuci muka atau mandi, maka niat/cita-citanya akan mudah tercapai.

Pada saat ini yang telah dibangun baru Sendang Mawar dan Sendang Kantil, Sedangkan Sendang Jombor dan Sendang Puser Bumi masih alami dan masih belum ada penerangan serta licin. Yah.. sial! Mestinya dari dulu cuci muka disitu, pantesan aku terheran-heran mengapa sungai-sungai tersebut diberi nama.. Tapi itu sudah berlalu dan biarkan itu terjadi. Setelah menyusuri berbagai gua yang gelap, licin, dan dingin itu, pulang-pulang.. kami sekeluarga mengunjungi sebuah pasar seni didekat objek wisata tersebut…

wpid-20141226142708.jpg

Jalannya disana agak rendah jadi difoto lewat atas menurutku bagus kok.. panjang banget pasar seninya, ini seperti pasar seni yang kalian lihat di Menteng tapi ini beda, barang-barang yang dijual cukup bagus kok! Aku tergiur ingin membelinya tapi….

Gw tahu, lu pasti gak ada duit’kan?

Iya… Ih! Tahu aja deh!! Ehem! Jadi apa yang kita pelajari disana?

Hmmm.. jadi intinya adalah Gua Jatijajar hanyalah sebuah gua alam yang terbuat dari batu kapur yang sudah tua yang ditemukan oleh seorang petani yang tidak sengaja terperosok jatuh kedalam, hmm coba kalo dia nggak jatuh, objek wisata ini tidak akan ditemukankan?hahah… kadang-kadang semuanya harus dikorbankan nak.

Kalian harus mengunjungi tempat ini guys and gals! Tempat ini menarik, walaupun harus ditempuh oleh perjuangan panas-panasan, naik tangga tinggi-tinggi sekali dan tenpatnya licin. Aku tahu tempatnya terpencil terletak didesa yang kecil, tapi dalamnya, gueeddee biingitzz!! Disana, kalian bisa mandi dan berenang ditemani oleh patung dinosaurus yang tampangnya ‘pervert’.

Kok pervert?

Iyalah, lihatlah ekspresi dia sekali lagi..

wpid-20141226131543.jpg

Dua mata yang membelalak melotot dan air yang keluar dari mulutnya, dia pasti ngiler thu, hehehe!! Oh yah, sampe dimana tadi… oh.. kalian bisa foto-foto banyak tempat dan hal yang menyenangkan disana, menjadikan tempat ini sebagai inspirasi kalian. Dan.. yang paling orang senangi sepertinya 4 sungai tersebut. Tapi aku lihat waktu jalan-jalan disana, tidak ada orang-orang yang mandi dan mencuci muka disana untuk memercayai mitus awet mudah dan cita-citanya yang dapat tercapai, mungkin ada kali yah.. cuma aku tidak melihatnya.

Yup.. Kami semua berakhir dengan kenangan yang menyenangkan dengan berfoto dengan seekor ular besar dan seekor burng kakak tua khas Kebumen sana. Well.. disana sih.. satu lembar foto kecil harganya 10.000, kalo satu lembar foto yang besar harganya 20.000. Well… keluargaku bareng-bareng foto disana. Mereka adalah tukang foto yang sering kalian lihat di Monas yang menawarkan foto-foto yang bagus.

Hmm… apa lagi yah…? Saranku sih.. kalo kalian mau kesana, kalian harus menyiapkan sepatu anti licin, karena disana cukup licin karena langit-langit gua tersebut mengeluarkan air yang banyak, waktu itu aku hampir saja jatuh karena tempatnya licin, seperti batu dipenuhi dengan lumut, apalagi pada malam hari, licin banget kali yah..? Kalo mau foto-foto disana harus cari angle yang tepat agar fotonya terlihat bagus. Aku saja agak bingung waktu mau foto-foto tempat itu.

Tanggapan? Yah… tempatnya bagus, menarik, dan keren! Dinosaurusnya yang keren, hehehe… cuma kekurangannya hanya satu, kurangnya pencahayaan didalam gua tersebut, kebersihan?? disana tempat bersih, oh yah, dan juga aku harap gua tersebut tidak dicoret-coret lagi. Lho? Kok jadi komentator travelling yah?

Yups! Aku hanya bisa menulis sampai sini saja dulu, kami belum sampai Solo kok, ini baru cerita di Kebumen. Tapi aku akan sharing ceritaku saat melanjutkan perjalananku di Jawa. Kalo mau tahu lebih komplit lagi nih.. baca disini

http://id.wikipedia.org/wiki/Gua_Jatijajar

Well.. sampai nanti lagi, aku harap ceritaku membuat orang-orang mencapai ilham, hahah.. lebay deh? ok.. hmm.. bye! 🙂 😀

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s