Ciputra Art Museum

Uuurrrggghh… i don’t want to do this actually… tapi aku harus membuat blog ini tetap bertahan dan aktif, entahlah.. aku tidak kemana-mana akhir-akhir ini, begitu juga internetku lemott… tapi demi followers! Aku harus melakukannya demi followers!! Subscribers!!

Let’s get to the point ok??

Ok.. jadi, waktu beberapa bulan yang lalu, emang ini kejadiannya udah lama sih… bosen dirumah, baring-baring disofa, sambil ngeliat Instagram, pas ngeliat ada orang yg ngefollow ciputraartpreneur.

ciputraartpreneur? Itu apa yah? Aku berpikir seperti itu, karena yang namanya manusia yah penasaran, ahahah… jadinya aku liat-liat isi dari user Instagram itu, dan isinya…

Gile!! Awesome banget!! Boleh thu kesana, aku berpikir seperti itu. Jadi ada sebuah museum didalam sebuah mall.

Museum didalam mall?! Mana ada?!

Ada sih! Coba deh kalian pergi ke Ciputra World Mall, bukan Citraland yah, ntar kalian pergi salah tempat lagi, hahaha.. Jadi, jika kalian ingin kemuseum yang bernuansa kyk orang kaya gitu, hahaha.. kalian datanglah ke Ciputra World 1. Tepatnya Ciputra World disampingnya ada Mega Kuningan dan jaraknya tidak jauh dari Semanggi, WTC (World Trade Center) dan Casablanca. Entahlah, aku lupa, lupa tempatnya berada dimana. Tapi, beneran deh.. didalam mall itu tempatnya bagus, hmmm.. mungkin bisa dibandingkan dengan Central Park dan Grand Indonesia. Disana yang paling aku sukai adalah toko lukisan yang berderet sepanjang ruangan dan aku menyukainya. Tapi, aku masih ingin melihat museumnya. jadi.. beginilah pintu masuknya..

wpid-20150626160636.jpg

See? Bentuk pintu masuknya aja udh bagus, apalagi dalemnya yah..? Oh, yah.. omong-omong soal harga, harga tiket masuk museum ini berkisar antara… oh wait.

Untuk murid harganya Rp 15.000.00
Untuk orang dewasa, harganya Rp 30.000.00

Lihatlah tempat ini! Begitu mewah dan… artsy!! yah sudah, aku membayarnya dan.. masuk kedalamnya. Beginilah suasananya..

wpid-20150626152342.jpg

Well.. that’s my dad.

wpid-20150626152243.jpg

Lihat? Begitu sepi ketika kalian masuk kedalam sini, kata petugasnya sih aku tanya-tanya, wajar karena mall ini baru dibangun dan keberadaan museum ini belum dikenal seluruhnya. Ada sih banyak pengunjung sering kesini, tapi tidak bertubi-tubi seperti yang kalian lihat di museum Fatahillah. Hmm.. tapi tidak apa-apa sih.. kalo kayak begini, suasananya lebih damai, tenang, dan aku bisa bebas foto Β sana, foto sini, mondar-mandir kemana aja.

wpid-20150626160252.jpg

Oh yah, aku lupa memberitahu kalian bahwa, petugas yang bertanggung jawab disitu, sekaligus juga menjadi seorang pemandu bagi kalian yang ingin tahu tentang lukisan-lukisan yang ada disana, jadi jika ada sesuatu yang mau ditanyakan, tanya aja.

wpid-20150626160307.jpg

Bagaimana? Bagus gk? Dateng aja kesini, terutama kalo kalian adalah pecinta seni, apalagi bagi kalian yang punya pacar yang suka sama karya seni begini, tempatnya modern, adem, dan tenang, hehehe…

wpid-20150626152256.jpg

Dan.. lihatlah ayhku sedang mempelajari untuk menghayati sebuah karya seni. Ia pecinta seni juga sih soalnya..

wpid-20150626160400.jpg

Well.. aku tidak tahu siapa nama pelukisnya, tapi yang pasti, lukisan ini judulnya Shifting Eyes.

Lukisan itu artinya apa?

This is art guys and gals, it should not let you know what happens, this is art. Aku tidak bisa memberitahukan spoilernya karena aku juga tidak yakin makna lukisan ini apa?

wpid-img-20150626-wa0002.jpg

Hmmm.. aku suka ini, kesannya surealisme dan memuat amanat yang catchy. Lukisan ini judulnya Top Sensation. Aku rasa kalian bisa menebak apa makna dari lukisan ini.

wpid-img-20150626-wa0003.jpg

Hmm.. ketika pertama kali melihat lukisan ini, aku kira ini lukisan tentang penggambaran neraka, tapi judul lukisan ini adalah Tatkala Alam Murka, mungkin lukisan ini menggambarkan sebuah bencana alam yang melambangkan Tuhan yang marah terhadap manusia dan menghukum mereka.

wpid-img-20150626-wa0005.jpg

Well, ada banyak lukisan lagi sih sebenarnya, tapi aku tidak mau memperlihatkannya banyak-banyak, kenapa kalian tidak datang saja kesana dan mendapat pengalaman yang lebih baik daripada melihatnya dikomputer atau hp?

Hmmm.. omong-omong, kebanyakan yang aku lihat adalah koleksi lukisan karya Hendra Gunawan. Kata petugasnya sih.. Hendra Gunawan adalah ‘bestfriend’ dari Bapak Ciputra sehingga Bapak Ciputra ingin mengoleksi karya seninya dan membuatkan museum didedikasikan untuk Hendra Gunawan. Tidak percaya? Nih, buktinya…

wpid-20150626155941.jpg

Foto yang diatas merupakan ruangan khusus penyimpanan surat-surat penting ketika Bapak Ir. Ciputra surat-menyurat dengan Hendra Gunawan.

wpid-20150626155954.jpg

Lihatlah surat-surat yang banyak itu..

wpid-20150626160003.jpg

Read it! I dare you! Read it!!

wpid-20150626154600.jpg

Dan beginilah ketika kalian pergi keruangan yang khusus untuk menyimpan Lukisan-lukisan Hendra Gunawan.

wpid-20150626155625.jpg

Aku suka ini.. ketika pertama kali melihat lukisan ini, aku fokus terhadap para binatang yang berada disekeliling orang wayang itu. Aku lupa apa nama lukisannya, tapi ketika melihat binatang-binatang itu.. aku menjadi.. Fascinating!

wpid-20150626155519.jpg

yang ini kalo gak salah, judulnya Perang Diponegoro. Bagus yah.. aku suka komposisi warnanya.

wpid-img-20150626-wa0004.jpg

wpid-img-20150626-wa0006.jpg

wpid-img-20150626-wa0007.jpg

wpid-img-20150626-wa0009.jpg

wpid-img-20150626-wa0010.jpg

Dan itulah spoiler yang bisa aku perlihatkan kekalian. Aku sarankan datanglah kesini, karena siapa tahu ini menjadi day tarikmu yang selanjutnya atau mungkin kalian bisa mendapat ilham hidup, hahaha..

Huh?! Pendapatku? Hmm… bagus, tempat ini bagus untuk kalian yang ingin mengetahui tentan seni dan Hendra Gunawan. Jangan mau ngadem aja yah disana, hahaha… Aku tidak memiliki informasi yang banyak tentang Hendra Gunawan, pokoknya dia itu adalah seniman dan teman baiknya Ir. Ciputra. Dan mereka berdua bertemu ketika kuliah. Anak arsitek bergaul dengan anak seni? Hmm… not bad.

Dan begitulah, simple saja pendapatku, jika kalian ingin tahu lebih lanjut, klik website ini..

http://www.ciputraartpreneur.com/about_the_museum_in_english.html

Soal Ciputra Artpreneur, Ciputra Artpreneur juga menyediakan galeri dan theater, jadi jika kalian seorang artist yang ingin showcase artwork kalian, sewa saja galeri mereka. Dan theaternya juga bagus kok. Website yang aku berikan itu website resmi dari Ciputra Artpreneurnya, semoga bermanfaat πŸ˜€

Baiklah, sampai sini saja dulu, jika ada waktu, aku akan posting lagi, hahaha…

 

One thought on “Ciputra Art Museum

  1. Hai, saya George dari Artpreneur. Seneng bacanya tulisannya, dan jadi merasa senang sudah dipost. Ohya Mau info, kalau sekarang kita ada yang baru di museum. Jikalau ada waktu bisa berkinjung kembali untuk πŸ˜ƒ

Leave a Reply

