Celebrating Disorder

Alright, alright, alright, aku memang jarang nge-blog karena banyaknya tugas sekolah dan.. males sih sebenarnya, tapi aku tidak boleh menyerah demi blog ini, dan sekarang aku akan memberikan kalian tentang apa yang sudah aku jalani akhir-akhir ini, wktu tanggal 9 Oktober kalo gak salah hehehe… aku kem,bali lagi ke Galeri Nasional

Mau ngapain loe kesana?

Yah.. biasa, menikmati karya seni baru yang muncul dan pengen tahu ada exhibition apa lagi disana. Dan, ini exhibition yang sudah aku kunjungi:

foto-celebrating-disorder

Yup, aku tahu ini sudah lama dan pastinya aku ketinggalan jauh ketika kalian membaca ini dan pastinya ada exhibition lagi yang terlewat dibenakku. Tapi, tidak ada salahnya’kan untuk menuliskan ini untuk kalian?? hahaha…

Jadi, ketika sampai ditempat parkirnya, aku menemukan plang ini:
20151017140809

Dari gambar plangnya, sepertinya karya-karya seni yang dipasang dipertunjukan disini lebih bagus.

20151017124836

You see? Ini semua foto asli yah… ini kejadian yang sudah lama dan jika kalian ingin kesana, pasti exhibition itu sudah tidak ada lagi atau diganti dengan tema exhibition yang baru, tapi itu toidak masalah karena setiap exhibition memiliki karya-karya seni yang enak dilihat disana.

20151017124916

Banyak yah, lukisannya, Oh yah, aku lupa untuk memberitahu kalian siapa yang membuat lukisan-lukisan yang indah ini. Yaitu Ramadhan Bouqie. Jika dilihat dari semua lukisan dan judulnya, sepertinya lukisan-lukisan yang ia buat mengandung unsur politik, human nature, dan contoh gambaran manusia yang modern.

20151017125022

Astaga!! Lihatlah gigi itu, itu gigi siapa yah? hehehe… well, kalian bisa melihat sebagian lukisan tersebut, colorful, unik, aku sempat bingung ketika melihat lukisan yang colorful ini, melihat judulnya’pun aku masih belum mengerti sebagian maknanya sebenarnya tentang apa.

20151017125039

Klik dan zoom aja gambarnya kalo ingin melihatnya lebih jelas. Bagaimana? Indah bukan, style-nya seperti ilustrasi dibuku cerita anak-anak. Pusing juga sih melihatnya, dengan warna-warni yang rame dan pola-pola yang unik serta gambar-gambar kecil yang mengandung sedikit detil membuatku… MIND BLOWN!Lukisan-lukisan yang dipajang disana besar juga sih ukurannya.

20151017125600

Melihat semua lukisan ini, rasanya seperti didalam ‘acid trip’. Seakan-akan aku meminum ekstasi terlalu banyak sehingga aku mengalami banyak halusinasi tentang warna yang rame.

20151017125300

Well… untuk yang satu ini, aku tidak yakin bahwa makna dari karya seni itu.. ‘seperti ini’ gitu lho.. ngerti gak? Jika kalian ingin tahu apa yang ada didalam urinal tersebut, setiap urinal itu diisi replika otak yang dipotong setengah, yah, otak manusia ceritanya dibuang kedalam urinal. Dilihat-lihat, sepertinya makna dari patrung-patung ini menggambarkan bahwa manusia sekarang ini lebih banyak memakai setengah otaknya untuk berpikir dan masa bodoh kepada lingkungan sekitarnya. Kemudian setengah otak mereka dibuang kedalam urinal sebagai simbolisme betapa malasnya manusia zaman sekarang untuk berpikir.

20151017125320

Warning yah teman-teman, aku bukan seorang kurator atau pengamat seni, aku hanya memberikan pendapatku tentang karya seni ini sebagai layaknya aku adalah manusia yang biasa dan awam. Kalian melihat orang yang duduk di kloset itu? Buku-buku tebal yang berantakan itu? Apakah kalian berpikir ini ceritanya tentang seseorang yang malas belajar sehingga ia menelantarkan buku-bukunya disekitar kloset? Well, aku kira makna dari sebuah karya seni ini adalah seseorang kelelahan belajar tentang semua kehidupan politik, atau kehidupan lainnya melalui buku-buku ang tebal sebagai interpretasi media massa yang dilihatnya, lalu ia lelah dan bosan serta tired of this sh*t anymore, sehingga jia membuang atau mengabaikan kehidupan disekitarnya dan duduk diatas kloset sebagai simbol masa bodoh terhadap semua kehidupan yang ada didalamnya.

20151017125641

Ini bisa dibilang Video Art sih. Aku tidak mengerti yang ini, ceritanya ada seseorang mandi dibak mandi dan menonton adegan sekumpulan anjing mengonggong dengan menyeramkam. Apakah makna dari karya seni ini adalah kita menikmati sadisme, pemberontakan, dan penderitaan??

20151017125908

Hmmm… i’m not sure..

20151017125822

Jika kalian melihat ini dan kalian ‘horny’? Lebih baik tahan dulu, karena aku belum mengerti ini tentang apa dan yang pasti, maknanya sangat dalam sekali.

20151017130638

20151017131154

20151017130709

Wow! What a beautiful masterpiece, i’m grateful to be in here.

And, yup.. that’s how it goes.. kalian melihat dari foto sih biasa aja yah.. tapi jika kalian lihat secara real experience, aku yakin kalian pasti bertanya-tanya dan kagum atas semua seniman-seniman didunia. Sangat menyenangkan didalam dan aku berharap aku bisa memberikan kalian banyak artikel blog semacam ini, dan aku berharap aku bisa sering-sering kesana dan memberitahu kalian ada exhibition apa lagi disana. Karena ini adalah temporary exhibition, jadi apa yang aku tulis diblog ini bisa jadi tidak sesuai yang ada disana. So.. cheers, and i hope you have a great day.

Leave a Reply

